Sunday 16 November 2014


Hilangkan Stress, di Pulau Tidung.

  Kali ini saya mau share pengalman saya ke Pulau Tidung dalam rangka menghilangkan stress setelah ujian nasional hahaha!. Jadi Pulau tidung itu adalah salah satu pulau dari ribuan pulau yang ada di Kep. Seribu, kononnya juga pulau tidung ini katanya adalah pulau paling besar di Kep. Seribu. Pulau tidung juga dibagi ke 2 pulau, yaitu Tidung Besar dan Kecil, antara 1 Tidung besar dan Kecil ini bisa di akses lewat jembatan yang disediakan oleh pem. setempat.

                                             Pulau Tidung kecil terlihat di ujung
 
  Saya berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol, sebenarnya ada cara lain lebih murah yaitu lewat Muara Angke, namun kebetulan saya tidak mau menghirup bau ikan, dan banyak pencopet, kapal nya pun menggunakan kapal tradisional, untuk yang tidak mempunyai jiwa petualang saya sarankan menggunakan kapal melalui Marina Ancol :) . Di Marina Ancol kita menggunakan speedboat yang besar dan mengantarkan kita ke Pulau tidung, namun kita tidak langsung diantarkan ke Pulau Tidung, Transit dulu di Pulau Pari :p , setelah transit baru menuju Pulau Tidung dalam waktu 30 menit.

  Akhirnya kita sampai di dermaga Pulau tidung, dermaga nya lumayan bersih dan banyak yang jual makanan! kebetulan waktu itu matahari sangaaat terik jadi akhrinya saya membeli ice cream. lalu saya jalan menuju penginapan, untuk masalah penginapan, jangan harap ada hotel bintang 3 dengan kolam berenang dll, disini umumnya hanya penginapan warga, kisaran harganya 100-300rb, ada juga semacam penginapan menyerupai hotel bintang 2 kisaran harganya 300-600rb.
                                                           
                                                          pelabuhan marina ancol

                                                        Dermaga Pulau Tidung
                                                 
       Setelah sampai penginapan,keluarga saya langsung tidur karena kecapaian, tapi karna saya semangat saya langsung mengelilingi pulau tidung dari barat ke timur selatan ke utara :p , dan saya menemukan berbagai pantai tersembunyi yang lumayan, dan disana banyak tempat pembuatan kapal
                                                 
pantai di ujung pulau tidung

                                                         pantai di ujung pulau tidung

  Setelah menjelajah semuanya saya lansung menuju Jembatan Cinta yaitu jembatan paling terkenal di pulau ini, di sekitarnya terdapat wahana air yang SANGAT MURAH baru kali ini saya mencoba wahana air seperti banana boat, dll yang sangat ekstrem dengan harga murah, biasanya 1 permainan harganya 10rb-25rb, jika dibandingkan di Bali yang bisa sampai 75rb per wahana, ini termasuk sangat murah lohh!!!!
  Menjelang Sorenya kita ke pelabuhan ke 2 yang jarang dipakai oleh perahu perahu, disini pas banget buat liat sunset, namun sayang sunset kali ini kita terlambat, jadi matahari sudah cenderung tenggelam dan tertutup oleh bukit, walaupun begitu pemandangannya tetap spektakuler!

                         
                                                 sunset di pelabuhan yang jarang dipakai
 
  Hari ke 2 kami snorkling di daerah tidung kecil, disini terumbu karang masih sangat terjaga dan juga airnya cenderung tenang ( tidak ada ombak ) ikannya pun banyak dan bervariasi, setelah snorkling kami menjelajah pulau tidung kecil, disini sangat sepi enak untuk santai, lalu esok harinya kita bersiap siap pulang, dan menuju pelabuhan untuk kembali ke jakarta

     
Terumbu karang di Pulau tidung

Pulau Tidung kecil


    Untuk waktu yang tepat mengunjungi pulau tidung ini sekitar bulan April-Agustus karena ini termasuka musim panas, cuaca cenderung cerah, dan ombak juga kecil, bahkan sampai tidak ada ombak sama sekali loh! disini fasilitas nya terbilang lengkap, mulai dari warung,resto yg sederhana, masjid besar, dan juga penyewaan kapal kapal. :)







Semoga Bermanfaat !
 jangan lupa follow :
twitter&instagram : salmanhkm                                    










No comments: